Skip to main content

Nasehat Neil Gaiman


NEIL GAIMAN adalah seorang novelis, cerpenis dan komikus dengan karya-karya yang telah mendunia. Ia juga tak asing di dunia teater dan perfilman. Buku-bukunya termasukAmerican Gods, Stardust, Coraline, The Graveyard Book dan Good Omens. Berikut adalah 8 tips menulis yang ia berikan untuk pembaca via Guardian UK:
  1. Mulailah menulis.
  2. Rangkai kata demi kata hingga kau menemukan kata yang tepat, lalu tuliskan kata itu.
  3. Selesaikan apa yang kau tulis. Apapun yang harus kau lakukan untuk menyelesaikannya, selesaikan tulisanmu.
  4. Kesampingkan tulisanmu. Baca tulisanmu seolah kau tak pernah membacanya sebelum itu. Tunjukkan kepada teman-teman yang pendapatnya kau hargai dan yang suka terhadap materi tulisanmu.
  5. Ingat: saat orang bilang ada yang salah dengan tulisanmu atau ada hal yang tidak masuk akal bagi mereka dalam tulisanmu, mereka hampir selalu benar. Dan saat orang menunjukkan kesalahanmu serta mengajarkan cara untuk membenarkannya, mereka hampir selalu salah.
  6. Benarkan tulisanmu. Kau harus ingat, cepat atau lambat, sebelum kau mencapai titik kesempurnaan dalam tulisanmu, kau harus bisa melepaskannya dan lanjut menulis hal-hal lain. Mencari kesempurnaan sama saja seperti mengejar cakrawala. Kau harus terus bergerak.
  7. Kau harus bisa menertawai leluconmu sendiri.
  8. Peraturan utama dalam menulis adalah jika kau bisa melakukannya dengan yakin dan tekun, kau bisa melakukan apa saja yang kau mau. (Ini juga bisa jadi peraturan utama dalam hidup, namun lebih tepat jika diaplikasikan dalam proses menulis). Maka itu, tulislah ceritamu seperlunya. Tulislah ceritamu dengan jujur, dan lakukan sebaik mungkin. Aku rasa tidak ada peraturan lain yang berarti dalam proses menulis.

Comments

Popular posts from this blog

Terjemahan Bebas dari The Arrow and the Song by Henry Wadsworth Longfellow

Anak Panah dan Lagu Henry Wadsworth Longfellow
aku melepaskan anak panah ke udara ia lalu jatuh ke tanah, aku tak tahu di mana; begitu cepat ia melesat, pandangan mataku tak dapat mengikuti arah lesatannya.
aku menghembuskan lagu ke udara, juga lalu jatuh ke tanah, aku tak tahu di mana; siapa saja yang tatapannya begitu tertarik dan kuat, sehingga dapat mengikuti perjalanan lagu itu?
lama, lama sekali setelah itu, di bawah pohon oak aku menemukan anak panah, belum patah juga sebuah lagu, dari mula hingga selesai aku menemukannya lagi di hati seorang sahabat.
The Arrow and the Song Henry Wadsworth Longfellow
I shot an arrow into the air, It fell to earth, I knew not where; For, so swiftly it flew, the sight<

Pantai Leppu di Labangka