Curcol: Aku Ingin Mencurahkan Beberapa Hal Saja

1

aku akan muncul di koran, seakan
bintang masa depan yang dielu-elukan

padahal aku ingin memegang senjata,
mengusir penjajah, menurunkan kuasa
pemerintah yang sudah tak benar usahanya
seperti mahasiswa yang barapi-api
diculik, ditembak mati, dan hilang nama

sehingga aku tetap akan muncul di koran
sebagai salah satu korban tragedi '98

2

tapi selempang itu disarungkan menyilang ke kiri
padahal selangkah ke kiri lagi, aku akan jadi
lupa diri. lupa jati. lupa pada susi. pada santi.
yang namanya lebih dikenang dari aku.

3

aku tak paham tentang sungai musi
selain betapa kuning cokelatnya
seperti batang-batang emas yang dicuri
dari timika. dari papua dengan
kerugian yang tak terhingga

4

aku jadi duta bahasa katanya
mewakili provinsi, mewakili harga diri

tetapi aku cuma punya puisi
cuma punya hati yang seakan-akan
ingin dielu-elukan

dengan nama yang ditulis koran-koran
sebagai salah seorang pionir perjuangan

(2009)

Comments

Anonymous said…
Great!

Trus curahkan lebih banyak!
Lebih dari tangisan langit yg tak mampu di tampung kali ciliwung sehingga merendam rumah-rumah kardus beratap seng

Trus curahkan lebih luas!
Lebih dari jengkal-jengkal tanah yg dijual atas nama dollar dengan liar,padahal setiap inchinya adalah tetesan darah para pejuang yg dilupakan

Trus curahkan lebih besar!
Lebih dari angka-angka yg di sikat para koruptor kelas asusila
Yang membuat rakyat semakin sengsara dan generasi muda terlahir dengan medali "hutang negara"

Popular Posts