Pemenang Lomba Blog Gempita Bulan Bahasa Powered by Indosat

Pada mulanya, rangkaian Gempita Bulan Bahasa yang digelar oleh Rumah Kata Bogor dan didukung penuh oleh Indosat hanya dirancang sehari saja, yakni pada 4 November 2011. Namun, setelah penyelenggara berbincang-bincang dengan pendukung acara, disepakati untuk menyertakan satu rangkaian tambahan, Lomba Menulis di Blog Pribadi.

Tersebab tenggat waktu penayangan tulisan yang sangat singkat, yakni 7 s.d. 15 November 2011, ditaksir pesertanya bakal tak banyak. Ternyata perkiraan itu meleset. Jumlah peserta mencapai 21 orang. Tentu saja, ini sangat menggembirakan. Terlepas dari waktu yang mepet, disadari bahwa tema yang diusung bukanlah sesuatu yang popular sehingga bisa memancing minat banyak orang.

Lumrahnya lomba yang lain, kegiatan ini juga meniscayakan penilaian. Ada empat kriteria yang digunakan dalam menilai tulisan peserta. Pertama, keunggulan bahasa. Kriteria ini meliputi penggunaan ejaan yang benar, kelengkapan struktur kalimat, penyajian bahasa yang mudah dicerna, dan penggunaan kata yang tepat (dalam bahasa tulisan). Acuan nilai tertinggi untuk kriteria ini adalah 40.

Kedua, kekuatan tulisan, mencakup penjudulan, kerunutan penyampaian, kemampuan menyampaikan gagasan, dan langgam pemaparan ide. Nilai tertinggi untuk kriteria ini adalah 30. Ketiga, kesesuaian tema. Kriteria ini menyangkut tingkat keterkaitan tulisan dengan tema yang ditentukan oleh penyelenggara dalam lomba. Nilai tertinggi untuk kriteria ini adalah 20. Keempat, aspek penunjang, mencakup pemenuhan ketentuan tertentu yang harus dicantumkan dalam tulisan. Nilai tertinggi untuk kriteria ini adalah 10.

Berdasarkan kriteria di atas, juri melakukan penilaian pada 17 s.d. 23 November 2011. Pemenangnya adalah:

1. Pringadi Abdi Surya, Hujan Menulis Ayam, nilai 152. [Blackberry Gemini]
2. Reyhan Satria Adinur, Bahasa yang Dirusak, nilai 149. [Samsung Galaxy Y]
3. Fauzan Mukrim, Tante dan Pob, nilai 141. [Smartphone]

Ketiga pemenang di atas akan dihubungi oleh pengurus Rumah Kata Bogor terkait pengiriman hadiah yang disediakan oleh pendukung acara, Indosat—seperti yang telah diumumkan sebelumnya. Sedangkan tiga pemenang hiburan akan mendapatkan paket buku dari Rumah Kata Bogor, masing-masing:

1. Erik, Feni Rose Berpuisi di Gempita Bulan Bahasa, nilai 140.
2. Andi Hardiyanti Hastuti, Bahasa Indonesia dan Mereka yang Mencinta, nilai 139.
3. Firman Akbar, Menulislah: Maka Kamu Akan Abadi, nilai 139.

Bagaimanapun, hadiah hanyalah sebatas apresiasi dari penyelenggara terhadap partisipasi dan keseriusan peserta. Semoga kegiatan seperti ini semakin sering digelar, demi menumbuhkan dan melestarikan kecintaan kita terhadap bahasa Indonesia.

Comments

Kami produsen alat Drumband di Jogjakarta. Melayani pengiriman di seluruh kota di Indonesia.
Lebih lengkap bisa lihat di website kami
Jual Alat Drumband Pasuruan



============================================================================================
Jual Alat Drumband Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta
Jual Alat Drumband Bondowoso
Jual Alat Drumband Bumiayu
Jual Alat Drumband Malang
Jual Alat Drumband Solo
Jual Alat Drum Band Bandung
Jual Alat Drumband

Popular Posts